Latest News
Sabtu, 29 September 2018

SIMPONIKUA Gen. 2

SIMPONIKUA Gen. 1 memang sudah sedikit banyak membantu operator KUA, tetapi tidak semua operator KUA bisa memanfaatkannya, hal ini disebabkan beberapa faktor, antara lain komputer atau system operasi (OS) windows mereka masih jadul.

Bagi beberapa operator merasa kesulitan untuk mensetting komputer mereka agar bisa menggunakan SIMPONIKUA ini secara maksimal, karena terlalu banyak yang di setting di awal penggunaan.

Mungkin akan lebih mudah lagi jika pihak kemenkeu membuatkan Aplikasi Interface atau disebut API (Application Programming Interface) SIMPONI untuk proses integrasi dengan aplikasi lain. Karena belum ada APInya, kami merasa tertantang untuk mensempurnakan aplikasi SIMPONIKUA ini agar lebih mudah di gunakan, maka lahirlah SIMPONIKUA Gen 2, dimana dalam penggunaanya tidak perlu setting terlalu banyak dan bisa digunakan di OS Windows versi berapa saja. Dan proses pembuatan nomer billing lebih cepat dari Gen 1.

Perbedaan mendasar dari Gen 1 dan Gen 2 adalah cara interfacing atau koneksi antara database catin dan SIMPONI, yang sebelumnya menggunakan aplikasi kecil sekarang di masukkan menjadi bagian dari system informasi pencatatan nikah yang ada di KUA, diharapkan prosesnya lebih cepat dan akurat. Di versi sebelumnya user akan melihat secara visual pembuatan no billing di SIMPONI yang di kerjakan oleh aplikasi robot SIMPONIKUA Gen 1, di versi yang baru ini akan bekerja di belakang layar, operator hanya menunggu sesaat sampai no billing simponi keluar secara otomatis.



Di versi yang baru semua fitur SIMPONIKUA Gen 1 bisa berjalan dengan baik dan  ditambah untuk membuat laporan rekap billing yang sudah dibayarkan. Secara garis besar versi baru ini jauh lebih cepat, elegan dan akurat dan settingnya lebih mudah. Template cetak billing versi sebelumnya juga bisa digunakan. Untuk format keterangan di billing SIMPONI ditambahkan opsi pilihan nomor pendaftaran nikah catin.

Untuk lebih detail langkah-langkah penggunaan SIMPONIKUA Gen 2 ini dapat anda baca di url dibawah ini :
http://www.ariessoftware.org/2018/09/langkah-langka-penggunaan-simponikua.html
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

1 komentar:

Item Reviewed: SIMPONIKUA Gen. 2 Rating: 5 Reviewed By: aries