Latest News
Sabtu, 29 September 2018

SIMPONIKUA Gen. 1

Aplikasi kecil ini bernama SIMPONIKUA yaitu aplikasi kecil berbasis desktop yang menjembatani koneksi antara aplikasi simponi kemenkeu yang berbasis webapps/Online dengan aplikasi pencatatan nikah di KUA yang berbasis desktop/offline.

Aplikasi ini di harapkan akan mempermudah pekerjaan operator di KUA, yang selama ini data Catin (Calon Pengantin) yang mendaftar nikah sudah di entri di aplikasi pencatatan nikah di KUA, mereka sering kali mengulang entri data lagi di simponi untuk membuatkan no billing untuk pernikahan yang di laksanakan di luar kantor dan di luar jam kantor. Belum lagi memasukkan data pembayaran no billing yang sudah dibayarkan, jika pernikahan banyak tentu akan lebih merepotkan.


Sebenarnya akan lebih mudah melakukan integrasi antara 2 (dua) aplikasi ini seandainya dari pihak kemenkeu menyediakan API untuk integrasi dengan aplikasi lainnya. Karena tidak tersedianya API tersebut, kami berinovasi untuk membuat aplikasi kecil yang nantinya menjadi asisten operator KUA untuk membuat billing otomatis dari database catin di KUA.



Setelah data Catin dientri di database KUA, jika pernikahannya di laksanakan di luar kantor dan jam kerja, operator kua tinggal memilih data catin yang akan dibuatkan billing di modul pendaftaran nikah, kemudian pilih klik kanan dan pilih menu buat billing, secara otomatis SIMPONIKUA ini kan tampil dan membuat no billing secara otomatis sesuai dengan data catin yang sudah dientri di database KUA.

Begitu juga ketika billing tersebut sudah dibayarkan dibank yang telah ditunjuk oleh catin, opearator tinggal pilih no billing yang akan di update datanya, kemudian klik kanan akan keluar popmenu, dan pilih menu update billing. Secara otomatis SIMPONIKUA akan mengecek jika  memang statusnya sudah dibayar, data-data pendukung akan diambil dan dimasukkan ke dalam database catin di KUA, seperti kolom tanggal bayar, nama bank dan no NTPN dari billing tersebut.

 

Kelemahan SIMPONIKUA Gen. 1
  1. Hanya bisa jalan di Interenet Explorer v.11.
  2. Membutuhkan Aplikasi tambahan seperti Adobe Reader DC.
  3. Min. menggunakan win8.1, untuk win7 min SP1 dan di upgrade IE ke v.11
Kini telah hadir SIMPONIKUA Gen. 2 yang di klaim lebih cepat prosesnya, tidak membutuhkan aplikasi-aplikasi pendukung dan bisa berjalan di OS windows versi berapa saja. Penasaran ??? klik aja link dibawah ini:
http://www.ariessoftware.org/2018/09/simponikua-gen-2.html

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: SIMPONIKUA Gen. 1 Rating: 5 Reviewed By: aries