Latest News
Sabtu, 29 September 2018

Otomatisasi Billing Simponi dengan Database KUA


Pembayaran Nikah yang di laksanakan di luar kantor sebesar Rp. 600.000,- (Enam Ratus Ribu Rupiah), tidak boleh di bayarkan langsung ke KUA, melainkan harus di setor di BANK yang telah di tunjuk termasuk di Kantor POS di seluruh Indonesia.

Sebelum setor ke Bank calon pengantin akan dibuatkan no billing untuk pembayaran dibank, no billing ini dibuat dengan aplikasi online billing simponi milik kemenkeu, yang bisa diakses di https://simponi.kemenkeu.go.id. Hal ini sudah tentu menjadi kerjaan tambahan bagi petugas di KUA. 

Data yang dientri memang tidaklah banyak, yang sedikit merepotkan yaitu mencocokan data billing simponi dengan berkas pendaftaran catin, apalagi kua juga sudah mempunyai aplikasi pencatatan nikah tetapi tidak tersambung secara otomatis, sehingga ada beberapa kerjaan tambahan yaitu pengulangan entri data catin ke billing simponi dan pencocokkan data billing yang sudah dibayar ke database kua agar memudahkan pembuatan laporan.


Tantangannya bagaimana caranya agar database catin yang ada di kua bisa tersambung  secara otomatis tanpa harus entri ulang data catin  dan secara otomatis juga bisa merekam tanggal pembayaran, nama bank dan no NTPN. Seandainya kalo bisa akan sangat mengurangi pekerjaan di KUA, apalagi di KUA yang jumlah Nikahnya besar dan kebanyakan di lakukan di luar kantor, terutama KUA yang di kota-kota besar.


Untuk itu kami, berinovasi membuat aplikasi kecil sebagai jembatan penghubung antara database catin di KUA dengan aplikasi billing simponi milik kemenkeu, aplikasi kecil ini bernama SIMPONIKUA, aplikasi generasi pertama sudah di luncurkan dan di pakai oleh beberapa operator KUA. Dan dari testimoni mereka cukup membantu mengurangi pekerjaan mereka dan lebih mudah membuat laporan, tetapi dengan sedikit catatan, yaitu aplikasi generasi pertama ini hanya bisa jalan di OS windows tertentu, dan membutuhkan aplikasi-aplikasi pendukung agar aplikasi ini bisa berjalan sempurna. Terkesan sedikit ribet untuk memulainya.



Lebih detail tentang SIMPONIKUA gen 1 silahkan klik artikel berikut ini :
http://www.ariessoftware.org/2018/09/simponikua-gen-1.html

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Otomatisasi Billing Simponi dengan Database KUA Rating: 5 Reviewed By: aries