Latest News
Minggu, 15 September 2019

Cara Mudah Download Data N dari SimkahWeb



Dalam perkembangan terakhir data Nikah yang di entri simkah web (http://simkah.kemenag.go.id/) sudah berjalan dengan baik, meskipun masih ada hal-hal yang belum sempurna akan terus di sempurnakan sampai benar-benar menggantikan simkah desktop dengan semua fitur yang ada.

Data Nikah (N) yang di catat di Kantor Urusan Agama (KUA) selain digunakan untuk membuat laporan secara periodik sebulan sekali ke seksi bimasislam di kabupaten/kota masing-masing KUA, data N ini bisa digunakan sebagai bahan bukti untuk pengajuan angka kredit (PAK) penghulu.


Di karenakan belum adanya fitur untuk pelaporan untuk tingkat KUA dan belum ada fitur eksport data ke excel., maka dibutuhkan alat tambahan yang  memudahkan data N di simkah web bisa diambil dan diolah sendiri untuk memenuhi kebutuhan laporan dan kebutuhan-kebutuhan yang lainnya termasuk untuk bukti fisik PAK.

Alat tambahan/bantu yang bisa digunakan adalah excel, google spreadsheet (online) atau bahkan langsung ke  simkah desktop. Excel dengan fitur macronya, anda bisa dengan mudah membuat model laporan ataupun grafik sesuka hati penggunanya, Google SpreadSheet ini fungsinya hampir sama dengan excel cuma kelebihannya bisa diakses secara online dan bisa di share ke orang-orang tertentu bahkan siapapun yang bisa akses internet, atau yang lebih ekstrim langsung ke simkah desktop yang selama ini dipakai oleh operator KUA untuk entri data N secara offline.

Lantas bagaimana caranya ???, cara paling mudah dan semua pasti bisa adalah dengan cara copy paste secara manual semua data yang ada di simkah web ke alat bantu yang akan di gunakan entah itu excel, google spreadsheet atau simkah desktop. Dan cara ini juga yang menjadi prinsip dasar/metode download/unduh data yang akan dibuat secara otomatis, bedanya copy paste yang dilakukan itu dikerjakan secara otomatis dan secara berulang-ulang, sehingga semua kolom data N yang di maksud bisa berpindah secara otomatis ke alat bantu tadi, atau lebih mudahnya anda mempunyai asisten virtual yang mempunyai tugas khusus copy paste data N di simkah web ke alat bantu..


Asisten virtual tadi berupa aplikasi kecil (seperti gambar diatas) yang di rancang untuk mendownload data N dari simkah web dan di isikan secara otomatis ke simkah desktop, meskipun tidak selengkap entri manual dari simkah desktop, paling tidak menyingkat waktu, lebih efisien dan akurat dari pada mengisi ulang secara manual di simkah desktop.

Lokasi unduh aplikasi kirim data dari simkah desktop dan download simkah web ke desotp dapat diunduh di halaman download atau ke halaman http://www.ariessoftware.org/p/download.html lalu pilih Plugin Kirim Data seperti gambar dibawah.     






  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

1 komentar:

  1. setelah aku dowload simkah versi kucur, malah gak bisa dibuka boss (master)
    selalu ada pesan e_kua belum diaktifkan
    bagaimana langkahnya boss

    BalasHapus

Item Reviewed: Cara Mudah Download Data N dari SimkahWeb Rating: 5 Reviewed By: aries