Latest News
Selasa, 15 Desember 2020

Otomatis login ke web aplikasi dengan delphi7 dan synapse40


Meskipun teknologi lama saya masih menggunakan delphi7, mengingat ada client yang masih menggunakan produk aplikasi dektop saya yang didevelop menggunakan delphi7. Sampai saat ini masih bisa mengcover inovasi-inovasi yang di minta oleh client, meskipun sudah saya tawarkan untuk di redevelop dengan teknologi yang lagi ngetrend saat ini agar lebih mudah di integrasikan dengan bermacam-macam aplikasi dari sisi developer :v.

Salah satu tantangan bagi developer yaitu mengintegrasinya dengan aplikasi-aplikasi kekinian yang hampir semua berbasis web. Rata-rata mereka ingin mengkoneksikan data yang sudah dientri di database dekstop dengan aplikasi yang harus mereka entri di aplikasi berbasis web, tetapi datanya sudah ada di aplikasi desktop, sedangkan aplikasi desktop dangan aplikasi web yang mereka entri pihak developernya berbeda, dan di aplikasi webnya tidak menyediakan API di system mereka.

Selama ini saya menggunakan komponen indy10 untuk mengintegrasikan data aplikasi desktop dengan web aplikasi, baik menggunkan API yang sudah disediakan maupun menggunakan teknik web scrap dan teknik otomasi. Namun belakangan ini saya menemui beberapa kendala terkait integrasi data ini, terutama jika web aplikasinya menggunakan protokol https. Indy10 jadi terasa ribet sekali, meskipun bisa tetapi ada beberapa bug yang menganggu meski secara hasil akhir sudah sesuai dengan keinginan user, meskipun ada beberapa kendala, tetapi bisa di maklumi oleh user karena juga jarang terjadi.

Pada suatu ketika, terjadi perubahan di aplikasi web client saya, aplikasi webnya menggunakan protokol https dan saya tidak berhasil mengintegrasikan dengan aplikasi desktop yang saya buat pakai delphi7, entah karena ketidak mampuan saya atau memang di aplikasi webnya menerapkan security agar tidak bisa di inject dari aplikasi desktop. Setelah browsing di mbah google ada komponen delphi7 yang menarik yang setara dengan indy10, yaitu Synapse.

Setelah beberapa saat mempelajarinya, ternyata cukup mudah cara menggunakannya, selain tutorialnya lengkap, contoh nya juga ada dan yang paling penting GRATIS! :v, Synapse langsung saya terapkan untuk menyelesaikan integrasi yang terkenadala tadi, dan diluar dugaan Synapse dapat membantu saya untuk mengintegrasikan aplikasi desktp dengan web, dengan cepat dan mudah.

Hasil dari Synapse dapat diunduh dibawah ini, saya mengitegrasikan apliaksi e-KUA dengan SIMKAH web agar tidak ada entri ulang, dan menggunakan fitur2 yang ada di simkah web ke dalam e-KUA.



  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Otomatis login ke web aplikasi dengan delphi7 dan synapse40 Rating: 5 Reviewed By: ariesdev