Latest News
Sabtu, 16 Mei 2020

Integrasi e-KUA dengan PNBP-NR


Seiring dengan bertambahnya tugas baru untuk operator kua yaitu pekerjaan mengklaim data PNBP-NR untuk pernikahan di luar kantor KUA yang dibayarkan di bank yang ditunjuk, maupun update petugas yang menghadiri akad nikah yang dilaksanakan di luar kantor, sudah tentu akan menambah jam terbang mereka di depan layar komputer.

Pekerjaan baru  ini sebenarnya mudah dan simple, cuma karena harus melakukan entri ulang dari aplikasi yang sudah ada ke aplikasi PNBP-NR, hal inilah yang mungkin menyebabkan pekerjaan ini menjadi pekerjaan yang menambah beban mereka, seharusnya bisa otomatis karena masih dalam satu kementerian dan satu seksi/bidang di kementerian tersebut.

Aplikasi PNBP-NR ini berbasis webapps dan bisa di akses di alamat https://pnbpnr.ebi02503.com, terasa aneh memang alamat urlnya, mungkin alamat url sementara, karena udah sangat penting untuk dientri datanya makanya di launching sambil ada pembenahan di sana sini. Di aplikasi ini ada beberapa pekerjaan yang harus dientri oleh operator, tetapi yang sangat intent yaitu klaim data PNBP-NR dan update nama penghulu yang menghadiri pernikahan di luar KUA.

Untuk mempermudah pekerjaan operator, ada aplikasi kecil yang bisa mengintegrasikan antara data N di kua dengan aplikasi PNBP-NR ini, bahkan dengan aplikasi SIMPONI milik kemenkeu, dimana data utama PNBP-NR berasal dari data SIMPONI, kemudian operator di minta melengkapi data pendukungnya.

Aplikasi ini bisa menghandle hampir semua fitur-fitur yang ada di EBI-NR ini, diantaranya:
- update PNBP-NR
- rekam NDK
- rekan Itsbat
- rekan Nikah Bencana/Miskin
- rekam Petugas Nikah

Data-data yang di kirim tidak perlu dientri secara manual, tetapi dari data yang sudah dientri di aplikasi administrasi N (e-KUA) dan cara kirimnya bisa satuan bahkan secara berbarengan yang sudah tentu memudahkan para operator KUA.

Untuk tool PNBP-NR bisa diunduh di bawah ini:


  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Integrasi e-KUA dengan PNBP-NR Rating: 5 Reviewed By: ariesdev