Latest News
Rabu, 01 Januari 2020

Integrasi Billing Simponi, Gmail dan e-kua


Yang dimaksud judul diatas adalah bagaimana mengintegrasikan semua transaksi di billing simponi milik kemenkeu dengan e-kua melalui google email. Tujuannya adalah semua data transaksi di billing simponi dapat masuk secara otomatis ke aplikasi e-kua yang selanjutnya memudahkan untuk pembuatan laporan terkait pembayaran untuk pernikahan diluar kantor KUA.

Salah satu fitur simponi adalah adanya notifikasi setiap transaksi yang terjadi melalui email. Setiap user simponi jika di profilenya mencantumkan alamat email yang valid, maka setiap transaksi yang terjadi di simponi yang terkait dengan user tersebut akan mendapatkan notifikasi email transkasi tersebut, baik transaksi pembuatan dan pembayaran billing. Notifikasi ini nantikan akan menjadi jembatan/ trigger untuk di integrasikan dengan system yang lainnya.



Mengapa menggunakan email dari google mail (Gmail) ??? karena google menyediakan gratis tempat penyimpanan email sebesar 15 GB, dan google penyediakan plugin/tools untuk mengolah data email untuk di integrasikan dengan system lain, fitur-fitur inilah yang menjadi alasan mengapa menggunakan gmail, dan bisa kita dapatkan secara GRATIS atau cuma-cuma.

Selain bisa di integrasikan dengan e-kua, notifikasi simponi ke gmail bisa kita gunakan untuk mengirim pesan singkat melalui sms, telegram dan WhatsApp untuk memberitahukan bahwa pembayaran nikah di luar kantor KUA oleh catin telah di terima oleh negara, hal ini salah satu wujud untuk meningkatkan mutu layanan prima KUA (Kantor Urusan Agama).


  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Integrasi Billing Simponi, Gmail dan e-kua Rating: 5 Reviewed By: ariesdev