Latest News
Sabtu, 21 Desember 2019

Download data SIMAS


SIMAS adalah Sistem Informasi Masjid yang di buat oleh Kementerian Agama melalui Direktorat Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Ditjen Bimas Isla. Aplikasi ini untuk mewujudkan single data masjid dan mushalla yang berkualitas sekaligus meningkatkan pelayanan dan bimbingan Kemasjidan kepada masjid dan mushalla, Kementerian Agama melaksanakan entri dan verifikasi data masjid dan mushalla berbasis SIMAS secara nasional.
Seluruh masjid yang telah terdaftar mendapatkan Nomor Identitas Masjid (ID Nasional Masjid) sebagai identitas yang berlaku secara nasional. Masjid dan Mushalla yang telah terverifikasi secara bertahap akan diberikan Kartu ID Nasional Masjid.

Data masjid dan musholla di aplikasi SIMAS terdapat data lokasi masjid berdasarkan titik koordinatnya juga memuat tentang tipologi masjid, apakah termasuk masjid negara, masjid raya, masjid agung, masjid besar, masjid jamik, masjid bersejarah, atau masjid di tempat publik, serta data pendukung lainnya seperti fasilitas, daya tampung, jumlah imam, luas tanah, sampai dengan nomor unik identitas masjid.

Masyarakat dapat mengakses dengan mudah dan bebas data SIMAS ini melalui media internet di situs resminya di http://simas.kemenag.go.id, sayangnya pihak kemenag belum menyediakan fitur external (API) yang bisa di akses oleh system lain yang ingin menggunakan/mengintegrasikan data SIMAS ini sebagai sumber data yang akan di olah untuk keperluan lainnya.

Untuk mendapatkan data SIMAS ini diperlukan aplikasi kecil (tools) untuk mengambil datanya secara otomatis dan dimasukkan ke media penyimpanan lain, baik yang offline maupun online. Berikut adalah tools yang dibuat dengan python untuk mengambil data secara otomatis dengan methode scrapting dan dimasukkan ke aplikasi spreadsheet buatan microsoft yaitu ms.excel.

http://www.ariessoftware.org/2019/10/download-tools-ambil-data-simas.html







  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

2 komentar:

  1. Web nya ngak bs d akses kontennya. Share data simas donk pak. Spy bs langsung donload

    BalasHapus
  2. Aplikasi getmasjid kok tidak bisa diinstal ya? Pakai di komputer dengan win-32 maupun win-64 juga sama, tidak bisa. Mohon pencerahannya. Aplikasi ini sangat membantu.

    Balas

    BalasHapus

Item Reviewed: Download data SIMAS Rating: 5 Reviewed By: ariesdev