Latest News
Minggu, 28 Oktober 2018

Firebase ??? apalagi ini..

Firebase adalah suatu layanan dari Google yang digunakan untuk mempermudah para pengembang aplikasi dalam mengembangkan aplikasi. Dengan adanya Firebase, pengembang aplikasi bisa fokus mengembangkan aplikasi tanpa harus memberikan usaha yang besar.

Firebase pertama kali didirikan pada tahun 2011 oleh Andrew Lee dan James Tamplin. Produk yang pertama kali dikembangkan adalah Realtime Database, di mana developer dapat menyimpan dan melakukan sinkronasi data ke banyak user. Kemudian berkembang menjadi layanan penyedia pengembangan aplikasi. Pada Oktober 2014, perusahaan tersebut diakusisi oleh Google. Berbagai fitur terus dikembangkan hingga diperkenalkan pada Mei 2016 di Google I/O.

Layanan Firebase tidak seperti dulu yang memberikan Trial Plan, sekarang kita dapat memanfaatkan Firebase secara Gratis! Tentunya dengan batasan tertentu. Firebase tersedia dalam tiga opsi, yaitu: SPARK (Free), FLAME ($25 per bulan), dan BLAZE (bayar sesuai pemakaian). Anda dapat membandingkan ketiga opsi tersebut melalui https://firebase.google.com/pricing/. Namun, saya di sini akan membahas tentang layanan yang diberikan oleh Firebase.

Google Analytic
Analytics menyajikan data seputar perilaku pengguna pada aplikasi Android dan iOS agar Anda dapat mengambil keputusan yang lebih baik tentang produk dan pengoptimalan pemasaran. Lihat data error, efektivitas notification, performa deep link, data pembelian dalam aplikasi, dan lain-lain.

Real-time database
Untuk Menyimpan dan sinkronkan data antara pengguna dan perangkat secara realtime menggunakan database noSQL yang dihosting secara cloud. real-time adalah kondisi pengoperasian dari suatu sistem perangkat keras dan perangkat lunak yang dibatasi oleh rentang waktu dan memiliki tenggat waktu (deadline) yang jelas, relatif terhadap waktu suatu peristiwa atau operasi terjadi, jadi data akan dikirim seketika waktu itu juga.

Authentication
Untuk mengelelola pengguna dengan cara yang mudah dan aman. Firebase Auth menawarkan beberapa metode autentikasi, termasuk email/sandi, penyedia pihak ketiga seperti Google atau Facebook, atau langsung menggunakan sistem akun Anda yang sudah ada.

Cloud Storage
Untuk menyimpan dan bagikan gambar, audio, video, atau konten lain yang dibuat pengguna secara mudah dengan penyimpanan object yang andal, sederhana, dan hemat biaya yang dikembangkan untuk skala Google.

Hosting
Permudah hosting web statis Anda dengan fitur yang dibuat khusus untuk aplikasi web modern. Saat Anda mengupload aset web, kami secara otomatis akan memasukkannya ke CDN global kami, dan memberinya sertifikat SSL gratis, sehingga pengguna Anda akan mendapatkan pengalaman yang aman, andal, berlatensi rendah, di mana pun mereka berada.

 


  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Firebase ??? apalagi ini.. Rating: 5 Reviewed By: aries