Latest News
Kamis, 23 Agustus 2018

Widget: Cek Porsi Haji

Cek Porsi Keberangkatan Ibadah haji bisa langsung dilakukan di situs resmi bidang haji kemenag dengan alamat url https://haji.kemenag.go.id/v3/node/955358, cuma fitur ini sering kali tidak bisa diakses, karena ada proses perbaikan dan ketika musim haji juga tidak bisa diakses, padahal ini layanan public, apapun alasannya harus selalu aktif.
Secara tidak sengaja saya mendapatkan aplikasi android yang mempunyai fitur cek porsi ini, dan aplikasi ini selalu bisa menjawab No Porsi yang diminta, sepanjang memang sudah mendaftarkan haji, meskipun situs resminya tidak bisa di akses, tetapi aplikasi android ini tetap bisa melayani permintaan cek porsi keberangkatan haji.

Dengan memanfaatkan TI (Teknologi Informasi) akhirnya saya mendapatkan link url untuk memeriksa no porsi haji, yang mengherankan url ini bukan dari lembaga resmi, tetapi daari lembaga swasta. Dan informasi yang di sajikan juga akurat alias sama dengan informasi yang di dapat dari lembaga yang resmi, karena yang saya pakai untuk mencoba adalah nomer porsi saya sendiri.

Selanjutnya saya akan mencoba membuat fitur cek porsi haji di blogspot di dalam widget. Sumber yang saya ambil dari situs swasta tadi tetapi saya olah lagi di google drive dengan google apps script agar menjadi fitur API yang bisa digunakan untuk aplikasi yang lain.

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

1 komentar:

Item Reviewed: Widget: Cek Porsi Haji Rating: 5 Reviewed By: aries