Latest News
Kamis, 23 Agustus 2018

Membuat Jadwal Backup Database Otomatis

Backup database merupakan salah satu hal penting, apalagi jika kita bekerja sebagai database administrator. Semakin banyaknya data-data yang tersimpan seperti data keuangan,  akademik dan data penting lainnya mengharuskan kita untuk meluangkan  waktu khusus untuk melakukan backup database. 

Backup secara manual tentu saja tidak disarankan, apalagi jika  datanya sudah banyak, tentu saja sedikit banyaknya akan menyita waktu  kita untuk melakukan hal penting lainnya.

Salah satu keuntungan menggunakan backup otomatis adalah, kita bisa  mengeset jadwal backup diluar jam-jam kantor. Misal jam 5 sore, jam 12  malam atau jam lainnya sesuai dengan kebutuhan.

Dibeberapa database enterprice seperti sqlserver, oracle dan yang lainnya, telah menyediakan fitur-fitur ini kita tinggal menggunakan saja sesuai dengan keinginan kita ?? bagaimana dengan mysql ??, beberapa pihak ketiga telah banyak menyediakan tool-tool untuk menjalankan backup otomatis ini, di tutorial kali ini saya ingin berbagi bagaimana cara membuat proses backup otomatis database mysql yang kita jalankan di OS windows.

Untuk script autoupdate kita kolaborasikan fitur mysqldump bawaan mysql dengan script command prompt dan timer yang kita gunakan adalah schedule task dari windows.  Kita akan buat script backup otomatis dengan script dos command dan di simpan dalam bat file (.bat) yang akan di jalankan di schedule task windows pada hari, jam dan detik kita tentukan.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Membuat Jadwal Backup Database Otomatis Rating: 5 Reviewed By: aries