Latest News
Kamis, 23 Agustus 2018

Kolaborasi delphi 7 dan Google Drive : Update Aplikasi Online

Google drive adalah layanan cloud gratis dari google, tidak tanggung-tanggung 1 (satu) akun gmail gratis data penyimpanan online sebesar 15 GB. Setara dengan biaya 500 ribu per tahun, kalo kita sewa hosting berbayar.

Fitur ini sudah lebih dari cukup untuk kita berinovasi, menggunakan untuk keperluan apa saja. Salah satunya untuk update online aplikasi yang kita kembangkan dengan bahasa pemprograman delphi.

Secara garis besar bisa saya jelaskan, data file aplikasi terbaru kita upload ke google drive, kemudian aplikasi desktop di client dengan  delphi akan mendownload file tersebut lalu menjalankannya sebagai update. Untuk proses update aplikasi, kita gunakan bantuan innosetup, aplikasi execute terbaru di bundling ke innosetup bersama file-file pendukung lainnya. Setelah download selesai aplikasi lama akan menjalankan file update yang sudah di unduh tadi.

Yang perlu di pahami disini adalah bagaimana menggunakan innosetup untuk membuat bundle update aplikasi beserta file-file pendukung lainnya, bagaimana menggunakan mengupload file ke google drive dan mensetting agar bisa diunduh oleh aplikasi desktop client, dan terakhir bagaimana handling execute file external dari delphi.

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Kolaborasi delphi 7 dan Google Drive : Update Aplikasi Online Rating: 5 Reviewed By: aries