Latest News
Sabtu, 01 Juni 2019

Mengatasi error 732


Suatu ketika secara mendadak ketika mengakses server muncul error 732, cek ping ip server dari client reply tidak RTO, cek domain server sama juga tidak ada masalah, lancar semua.

Sebelumnya saya membuat server dengan bahan dasar indyhome paket 10mbps, ipcloud mikrotik Router Wireless RB951Ui-2HND dan domain name berbayar (agar mudah di akses dari luar).

Setelah di setting semua, ketika trial lancar-lancar saja sampai dengan beberapa hari dengan kondisi modem router nyala non stop dan aplikasi absensi online berjalan dengan lancar. Pada hari ke 4, ada info dari client aplikasi tidak berjalan dengan normal, tidak ada balasan data dari server. Setelah di telusuri ternyata ipcloud dari mikrotik RTO, lebih dalam lagi di check ternyata server di matikan..ha..ha.

Masalah muncul ketika server sudah dinyalakan, koneksi jaringan bagus baik ping ke domain, ipcloud mikrotik maupun IP Dinamik dari indyhome dari computer client. Di browser client muncul error 732 ???, modem router sempat bolak balik matikan dengan tujuan mendapatkan ippublic dinamik yang berbeda dari indyhome, ternyata error tidak bergeming masih ERROR 732 Setelah berkunjung ke mbah google ternyata ada saran untuk mengganti IP DNS ???, ip dns yang mana ??? karena petunjuk dari mbah google berbeda kasus tetapi pesan errornya sama, tidak ada salahnya di coba.

Pertama saya ganti IP DNS yang di mikrotik, yang semula saya pakai DNS bawaan dari indyhome seperti yang tertera di modem router bawaannya, ternyata masih tetap error 732. Karena masih tetap error saya kembalikan ke setting semula, setelah itu saya coba mengganti DNS di komputer server, yang semula saya arahkan ke ip 192.168.1.1 dan 8.8.8.8 menjadi 8.8.8.8 dan 8.8.4.4, kemudian saya restart komputer server, dan hasilnya BINGO !! alhamdulillah sukses...pesan error 732 teratas dan server kembali bisa diakses.















  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Mengatasi error 732 Rating: 5 Reviewed By: ariesdev