Latest News
Senin, 08 Oktober 2018

Apa itu Google App Script?

Google App Script atau di singkat GAS adalah  bahasa pemrograman yang di sediakan google untuk melakukan tugas-tugas otomasi untuk seluruh  produk google dan layanan pihak ketiga.

Bahasa basic pemrograman yang di gunakan adalah javascipt. Sebuah javascript atau lebih tepatnya adalah subset javascript versi 1.8. Kode yang digunakan adalah javascript namun ketika kode berinteraksi dengan salah satu Google App, kita akan menyebutnya sebagai Google App Script atau GAS.





Di dalam Google Sheet Programming terdapat spreadsheet object yang disediakan oleh hosting environment, spreadsheet object bukan object bagian dari javascript. Spreadsheet Object yang disediakan oleh hosting environment hampir sama dengan javascript yang berjalan pada web client dan entitas DOM (Document Object Model) yang akan dimanipulasi. Software Requirement? Modern cloud-based application seperti google sheet akan mereduksi sulitnya para pemula dalam mengakses aplikasi. Sebelumnya kita memerlukan sistem operasi tertentu (proprietary) dan membutuhkan software yang harganya mahal untuk memulai belajar. Sekarang masalah tersebut tidak lagi menjadi penghalang, siapapun bisa belajar melalui modern browser namun anda membutuhkan koneksi internet dan akun gmail.

Dengan GAS kita bias melakukan : 

1. Menulis UDF (user-defined function) untuk google sheet.
2. Membuat aplikasi macro.
3. Mengembangkan spreadsheet-based application.
4. Integrasi dengan Products & Service Google Lainya.
5. Mengembangkan Graphical User Interface (GUI) yang berjalan sebagai Web Application.
6. Interaksi dengan cloud-based relational database melalui Google JDBC Service.


  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Apa itu Google App Script? Rating: 5 Reviewed By: aries